Thursday, February 17, 2011

Orang Miskin kok Punya Mobil?

mungkin itulah pertanyaan orang bila kita berada di Indonesia. namun, di Amerika Serikat, pertanyaan tersebut tidak berlaku lagi. Mobil memang banyak variasi jenis maupun harganya, bahkan bisa terjangkau untuk kalangan orang miskin (untuk standar AS).

Kami disini termasuk keluarga yang hidup dibawah garis kemiskinan untuk standar AS. Untuk keluarga dengan 3 anggota keluarga (kepala keluarga dtambah 2 anggota keluarga), penghasilan minimum setahun adalah 43, 000 USD pertahun.Nah dengan "keistimewaan" itulah, kami layak mendapatkan bantuan finansial dari berbagai organisasi, baik pemerintah maupun swasta. Seperti pada tulisan sebelumnya, kami mendapat bantuan finansial untuk kesehatan. Nah, selain itu, kami juga mendapat bantuan bahan makanan dari WIC (Women, Infant, and Children). Kemudian, kami juga layak mendapatkan bantuan bahan makanan dari food stamp (pemerintah) dan amazing grace (swasta). kami hanya memutuskan untuk mengajukan diri menjadi anggota di WIC dan amazing grace.

WIC merupakan program dari pemerintah untuk ibu hamil, menyusui, serta anak-anak usia pra-sekolah. Diharapkan dari adanya program ini, tidak ada gizi buruk dimasa balita dari si anak tersebut. Program ini dapat diperpanjang hingga si anak usia 18 tahun dengan persyaratan tertentu, diluar persyaratan umum untuk pendaftaran WIC.

pada bulan Februari ini, kami datang pertama kalinya ke kantor Amazing Grace sekaligus untuk mendaftar. Kami sudah berbekal surat-surat yang sekiranya dperlukan untuk pendaftaran, seperti paspor dan drving license, serta bukti pemasukan berupa slip gaji. Sesampainya di kantor, kami diharuskan mengisi formulir pendaftaran. ternyata, hanya surat bukti identitas yang diperlukan dlam proses pendaftaran. dan itupun tidak berbelit-belit, cukup mencocokkan informasi biodata dasar (nama, tanggal lahir) di formulir dan surat/kartu identitas. Khusus untuk Kirana yg belum punya paspor ataupun tanda pengenal lain, kami menggunakan kartu asuransi Kirana. Mereka tidak menanyakan bukti gaji.

Setelah proses pengisian formulir selesai sekaligus disetujuinya kami menjadi anggota Amazing Grace, kami diantar ke "toko" mereka untuk mengambil jatah makanan untuk satu bulan. Jumlahnya amat sangat banyak sekali, hehehehe....... roti satu kardus pun mereka tawarkan, bayangkan satu kardus besar. berhubung kami bukan pengkonsumsi roti dalam jumlah banyak, dengan sangat "terpaksa" kami hanya mengambil beberapa. Untungnya mereka juga menyediakan beras. selain beras dan roti, pasta dan sayuran kaleng masuk dalam daftar. dessert yg berupa yogurt, juga mereka tawarkan, bahkan kami diberi lebih untuk yogurt dari jatah yg seharusnya. pendamping kami mengambilkan 3 pak yogurt lagi utk dimasukkan k kantong belanjaan.

alhasil, barang bawaan kami melebihi saat kami biasa belanja mingguan. daging sebanyak 10 lbs (4.5 kilo), roti berbagai jenis sebanyak 4 pak, yogurt sekitar 10 buah, sayuran kaleng 4 buah, pasta dan sausnya, beberapa snack, diapers utk kirana, sayur dan buah segar. Kirana dapet bonus kacamata hitam, persiapan untuk summer depan.

Setelah selesai berbelanja dengan nol dollar, mereka menanyakan "where's your car?" suatu kalimat sederhana , namun aneh bila kita bayangkan kita berada di Indonesia. kita sebagai orang yang mendaftar sebagai orang miskin yang layak mendapat bantuan, namun masih bisa memiliki mobil.

oh, mobil ini pun juga sebenarnya bukan mobil kami. mobil ini pinjaman dari seorang dosen gamelan di kampus Wesleyan University. Namun, tidak hanya kami yang menggunakan mobil ke kantor Amazing Grace. Banyak (kalau tidak bisa dikatakan semua) orang yang datang menggunakan mobil, dan mereka masih tergolong orang miskin.

No comments: